Anime Quote

Pages

January 7, 2012

The Book of Deredere (デレデレ)

Sebenernya udah banyak blog, forum, tulisan yang bahas tentang definisi deredere. Ada yang bilang derelogy, ada yang bilang dereism, macem-macem dah pokoknya.
Cuma ya gua tetep ngotot pengen bikin rangkuman tentang tipe-tipe dere karena bagaimana pun juga deredere adalah bagian yang penting di dunia manga & anime. #halah

Deredere biasanya dipake untuk melukiskan sikap terhadap seseorang. Deredere sendiri artinya to become 'lovey dovey' kalo kata Wiki. Kalo kata gua, deredere itu kurang lebih "jadi bersikap manis, perhatian, dan lain sebagainya terhadap orang lain".


TSUNDERE

Deredere yang paling terkenal itu Tsundere. Gabungan kata tsuntsun (ツンツン) & deredere.
Tsuntsun sendiri artinya to turn away in disgust kalo kata Wiki. Dan kalo menurut gua, tsuntsun itu artinya "nunjukin sikap ga suka, benci, dingin, kasar dan lain sebagainya". Jadi, kalo digabung, tsundere artinya "nunjukin sikap ga suka, tapi sebenernya suka" atau "dari benci jadi suka", ya kurang lebih begitulah.
Tsundere masih dibagi jadi beberapa tipe :

Natural Tsundere
Tipe Tsundere yang paling banyak dijumpai di manga & anime. Tsundere yang satu ini biasanya bersikap tsuntsun karena gugup. Suka salah tingkah & bersikap spontan terhadap yang di-tsuntsun-in. Karakter bertipe ini kadang suka ga sadar sama sikapnya sendiri.
Contoh karakter yang kayak gini :

Narusegawa Naru (Love Hina)

Natural Tsundere masih terbagi lagi jadi dua tipe :
  • Classic Tsundere : Karakter  tsundere yang kalo udah berubah dari tsuntsun ke deredere, perubahan sikapnya permanen. Contoh : 
Godou Tsugumi (Tokimeki Memorial 4)
  • Modern Tsundere : Karakter  tsundere yang berubah-ubah sikapnya. Sebentar tsuntsun, nanti deredere, trus jadi tsuntsun lagi, pokoknya perubahan sikapnya ga menentu. Contoh :
Ranpha Franboise (Galaxy Angel)

Narcism Tsundere
Kalo yang satu ini, tipe yang bersikap tsuntsun karena ke-narsis-an diri sendiri. Selalu merasa self-centered dan paling ga bisa nerima opini orang lain apalagi sama yang namanya kritikan. Sifat tsunderenya alami karena bawaan narsis.
Supaya ga bingung liat aja :
 Shana (Shakugan no Shana)

Suiseiseki (Rozen Maiden)

Tsundere Oujo
Alias tsundere princess. Dari judulnya aja ketauan kalo karakter dengan tipe ini, sikap tsuntsun-nya disebabkan karena mereka itu princess, jadi gengsinya gede, alias tsundere kebawa gengsi. Suka nunjukin sikap powerful & "jual mahal" karena latar belakang & gaya hidup yang superior, supaya makin sulit dideketin (walau sebenernya pengen dideketin, hehe). Dan kalo ada yang berhasil naklukin sifat tsuntsun-nya, langsung seketika ditunjukin sikap deredere-nya.
Contoh para tsundere oujo :
Sawachika Eri (School Rumble)

Shinku (Rozen Maiden)

Deviant Tsundere / Mayadere
Kalo yang satu ini, tsundere yang paling berbahaya, karena sikap tsuntsun-nya ekstim, membahayakan & kemungkinan besar mengancam kehidupan karakter laen. Contoh biar gampang ngebayanginnya, karakter A awalnya berusaha ngebunuh karakter B (fase tsuntsun), tapi berubah jadi deredere setelah jatuh cunta sama karakter B.
Salah satu mayadere :
Sion Eltnam Atlasia (Melty Blood)

Revy (Black Lagoon)

Tsundere Pragmatic
Tipe tsundere yang bersikap tsuntsun karena sifat aslinya yang serius, kaku, selalu ngikutin aturan, dan biasanya selera humornya rendah. Tapi, namanya juga tsundere, se-serius apapun, sekaku apapun, pasti nanti berubah jadi deredere juga =3
Kayak karakter ini :
Hiiragi Kagami (Lucky Star)

Extrovert Tsundere
Tsundere paling "rame" diantara yang laen. Ceria, doyan becanda, centil, banyak tingkah, juga paling childish di antara tipe-tipe tsundere laennya. Tsundere yang satu ini rela ngelakuin apa aja buat ngedeketin karakter lain, dan biasanya cara ngedeketinnya tuh dengan sikap usil & mengganggu.
Louise Françoise Le Blanc de La Vallière (Zero no Tsukaima)

Introvert Tsundere
Sesuai namanya, introvert tsundere itu kebalikan dari yang extrovert, berarti tipe yang pendiam, pemalu dan bersifat tertutup. Reaksi tsuntsun-nya biasanya cuma lewat verbal aja. Karena itu untuk selanjutnya, introvert tsundere masuk klasifikasi deredere sendiri, yaitu "dandere."

DANDERE

Dandere itu gabungan dari kata danmari (pendiam) + deredere. Karakter dandere adalah karakter pendiam, pemalu, bahkan kadang keliatan ga punya emosi, berubah jadi rajin ngobrol & sweet, bahkan bisa bertindak diluar dugaan saat berduaan sama orang yang dia suka. Karakter dandere jarang banget ngomong, sekalinya ngomong pun seperlunya aja. Tapi mereka begitu karena sifat pemalu aja kok, hehe..
Contoh sweet dandere :
Ayase Yue (Negima!)

Kiyoura Setsuna (School Days)

Miyazaki Nodoka (Negima!)

Primula (Shuffle!)

KUUDERE

Kuudere = cool + deredere. Jadinya kuudere itu karakter yang sifatnya dingin, kadang keliatan sedikit kejam, suka jaga jarak, keliatan ga tertarik sama sesuatu, tapi sebenernya di dalem hatinya hangat, lembut & caring. jadi kalo menurut gua, kurang lebih kuudere itu kayak ice cream #lho. Kalo pertama dirasain emang dingin, tapi kalo udah meleleh di mulut... yuum :9 Bedanya sama tsundere, kalo kuudere itu bersikap deredere-nya cuma sama yang dia suka aja, kalo sama orang sekitarnya dia ga peduli dan tetap bersikap cool.
Contoh kuudere :
Yin (Darker than Black)

 Furukawa Yui (Ushinawareta Mirai wo Motomete)

Kuudere masih dibagi-bagi lagi berdasarkan sifat alaminya :
  • Type 1 - Always in Control : Tipe yang selalu nunjukin kuu (cool)-nya. Selalu bersikap tenang & dingin. Contoh :
Akemi Homura (Mahou Shoujo MadokaMagica)
  • Type 2 - Once You Get to Know Them : mereka bakal nunjukin sifat deredere-nya sama orang-orang yang mereka kenal akrab atau familiar. Sedangkan orang yang ga dikenal bakal kebagian kuu-nya. Contoh :
Inufue Nayu (Yomehapi)
  • Type 3 - Mood Swinger : Tengah-tengahnya kuu - sama dere. Gampangnya tuh modern tsundere tapi yang cool type. Moodnya gonta-ganti antara cool & deredere. Cuma kalo kuudere jelas batasan mana yang bisa bikin dia jadi deredere (meskipun ga selalu). Ada juga yang berpendapat kalo tipe ini kurang kuu- buat masuk tipe kuudere karena masih suka hotblooded. Contoh ;
Shinomiya Yoruko (Coμ - Kuroi Ryuu to Yasashii Oukoku)
YANDERE
  
Karakter yandere biasanya keliatan cute & harmless, padahal sebenernya posesif, sadis, controlling, atau bahkan ada yang gangguan mental. Tapi amat sangat setia terhadap orang yang mereka sayangin. kebanyakan karakter yandere itu psycho, rela ngelakuin apa aja buat nyingkirin saingan mereka, termasuk ngebunuh. Karena kata yan dari yandere sendiri adalah yanderu (to be sick). Kalo 3 tipe deredere yang sebelumnya itu sweet inside, maka yandere itu sweet outside, crazy inside. Adakalanya yandere rela ngebunuh orang yang mereka cintai dari pada orang itu direbut sama yang laen.
Here are our psycho :
Gasai Yuno (Mirai Nikki) 
 Sonozaki Shion (Higurashi no Naku Koro ni)
Katsura kotonoha (School Days)
Beda lagi yang namanya yangire. Kalo yandere sifat psycho-nya itu muncul karena cinta, kalo yangire sifat psycho-nya ga dipicu dari hal-hal yang berhubungan sama cinta. Tapi sama-sama keliatan cute & harmless.
Contoh yangire :
  Ryuuguu Rena (Higurashi no Naku Koro ni)
 Jadi, mau pilih dere yang mana?

Yang kasih tau definisi-definisi : Igniel, vndb.org, tvtropes.org

No comments:

Post a Comment