Anime Quote

Pages

January 9, 2012

Kitchen is A Battlefield

Yang namanya masak itu, ga di dunia nyata, ga di dunia manga, adalah tema yang menarik buat disimak. Apalagi kalo liat masakannya.. Mau di dunia nyata, mau di dunia manga, tetep aja bikin ngiler.. #ngeces.
Manga yang temanya masak sendiri udah beredar lebih dari 30 tahun. Kadang di manganya sendiri, ada resep, yang sebenernya gua sendiri ga tau beneran bisa dipraktekin apa ga, karena pada dasarnya gua ga bisa hobi masak. Bahkan kadang ada tutorial cara ngiris bawang yang bener  tanpa ngiris jari lu sendiri, cara megang pisau yang bener, dan laen sebagainya.
Beberapa ilmu di manga masak itu biasanya diambil dari praktek nyata, pengalaman mangakanya, dan ada yang sampe bikin riset supaya manga masaknya ga jauh dari realistis (meskipun ada juga yang cara masaknya gokil abis).
Jadi kali ini gua bakal bahas manga yang temanya masak. #jeng jeng

#1. Addicted to Curry

Author  & Artist : Funatsu Kazuki
Genre : Seinen, Comedy, Drama, Ecchi

Addicted to Curry ceritanya tentang Sonezaki Yui, yang berusaha ngebangkitin kembali Curry House Cooking Ganesha, alias Rumah Makan Kari Ganesha. Dia ketemu sama Koenji Makito, yang ternyata temen ayahnya Yui, Souichirou.
Dan dimulailah petualangan Koenji sebagai Chef Curry buat ngebangkitin Curry House Ganesha yang nyaris tutup karena ditinggal ayahnya Yui.
Menurut gua, cerita Addicted to Curry bagus. Romance-nya ga berlebihan, cara masaknya sejauh yang udah gua baca ga kelewat gokil, trus chefnya keren (biarpun agak pervert).


#2. Aji Ichi Monme

Author : Abe Zenta
Artist : Kurata Yoshimi
Genre : Seinen, Drama
Published : 1986 - 1999 (33 Volumes)

Bercerita tentang Itashi Satoru yang bercita-cita jadi first-class Chef di restoran Fujimura. Juga bercerita tentang kehidupan para staff & pelanggan restoran Fujimura itu sendiri.
Manga ini punya sequel yang judulnya Shin Aji Ichi Monme yang berjumlah 21 volumes, dengan author & artist yang sama.
Manga ini diangkat jadi dorama sebanyak 2 Season dimana masing-masing season ada 11 episode.
Kalo liat tahun beredarnya, nih manga jadul banget ya..


#3. Bambino!

Author  & Artist : Sekiya Tetsuji
Genre : Seinen, Drama, Slice of Life
Published : 2005 - 2009 (15 Volumes)

15 Volume Bambino bercerita tentang Ban Shogo, koki amatir yang antusias bekerja di restoran ala Italia Trattoria Baccanale di Roppongi, Tokyo.
Artwork-nya menarik, tokoh utamanya keliatan "tau segalanya", padahal dia bener-bener pemula yang nyoba merangkak naik dari jabatannya sebagai pelayan di restoran Trattoria Baccanale.
Bambino! (yang artinya baby dan merupakan julukan Shogo) juga diangkat jadi dorama dengan judul yang sama berjumlah 11 episode.


#4. Chūka Ichiban!

Author  & Artist : Ogawa Etsushi
Genre : Shounen, Adventure, Comedy
Published : 1995 - 1999 (17 Volumes)
Anime : 52 Episode
Studio : Nippon Animation

Chūka Ichiban! atau yang lebih dikenal sebagai Cooking Master Boy ber-setting cerita di China abad 19 dimana saat itu adalah "The Era of the Cooking Wars". Saat itu menjadi high-grade Chef adalah idaman semua orang. maka dari itu, dimulailah perjalanan Liu Mao Hsing & teman-temannya untuk menjadi Chef nomor 1 sedaratan China.
Menurut gua, masakan di Chūka Ichiban sebagian besar dibuat dengan cara yang gokil, kayak pake pisau es atau pisau super panas sampe tangan bonyok. Tapi tetep aja hasil masakannya bikin ngiler.. Apalagi kalo liat anime-nya.. #ngeces

#5. Cooking Papa


Author  & Artist : Ueyama Tochi
Genre : Seinen, Slice of Life
Published : 1985 - Ongoing (115 Volumes +)
Anime : 151 Episode
Studio : Eiken

Eiits, bukan sequelnya game Cooking Mama ya, ceritanya berkisar tentang kehidupan seorang salaryman yang jago masak. Resep lengkap dari makanan yang ada di tiap chapter disediain di bagian akhir chapter.
Ngeliat jumlah volume tankōbon-nya, udah kebayang berapa banyak resep yang ada di judul ini.
Cooking Papa juga ada live action-nya.




# 6. Kitchen Princess

Author  & Artist : Kobayashi Miyuki
Genre : Shoujo, Romance, Drama, Slice of Life
Published : 2005 - 2008 (10 Volumes)

Kazami Najika, seorang gadis yang rela pindah sekolah ke Seika Academy untuk menemukan "Flan Prince", cowok yang udah nyelametin nyawa Najika saat dia jatuh ke sungai & memberi Najika secangkir flan dengan sendok silver berlogo Seika Academy.
Di sekolah itu Najika dijadiin target bully sama sekelompok orang tertentu. Manga ini dipenuhi drama & romance khas cerita shoujo. Tapi penulisan ceritanya bagus & banyak resep di dalamnya. Resep yang disediain berkisar antara kue-kue, cemilan, & makanan ringan lainnya.


#7. Mister Ajikko

Author  & Artist : Terasawa Daisuke
Genre : Shounen, Action, Comedy
Published : 1986 - 1989 (19 Volumes)
Anime : 99 Episode
Studio : Sunrise & TV. Tokyo

Seorang jenius masak bernama Ajioshi Yoichi bekerja mengelola restoran peninggalan ibunya, suatu hari, seseorang bernama Murata Genjiro datang dan menyukai katsu-don bikinan Yoichi.
Oleh karena itu Yoichi diundang ke gedung Aji-oh. Disana dia bertemu dengan para rival untuk berkompetisi menemukan masakan dan rasa terbaik. Sequel dari manga ini berjudul Mister Ajikko II, terbit di tahun 2003, dan masih ongoing sampe sekarang.


#8. Oishinbo

Author : Kariya Tetsu
Artist : Hanasaki Akira
Genre : Seinen, Drama
Published : 1983 - Ongoing (107 Volumes +)
Anime : 136 Episode
Studio : Shin-Ei Animation

Oishinbo diambil adari kata Oishii (lezat) & kuishinbo (orang yang hobi makan). Ceritanya tentang petualangan Yamaoka Shiro, seorang kritikus makanan sekaligus Chef, dan rekan reporternya (istrinya) Kurita Yūko untuk mencari rasa dan masakan terbaik di Jepang.
Sepanjang perjalanan, Shiro harus menghadapi rival yang kejam yang merupakan ayahnya sendiri, Kaibara Yuzan.
Meskipun jarang ada resep yang ditulis secara lengkap, manga ini banyak nyediain informasi-informasi food preparing, jenis-jenis ikan, sayuran, dan lain sebagainya.

#9. Yakitate!! Ja-pan

Author  & Artist : Hashiguchi Takashi
Genre : Shounen, Comedy
Published : 2002 - 2007 (26 Volumes)
Anime : 69 Episode
Studio : Sunrise

Azuma Kazuma adalah seorang pemuda yang dikaruniai Solar Hand, kondisi dimana tangan lebih hangat dari manusia pada umumnya, sehingga bisa lebih cepat ngulenin adonan roti. kazuma bercita-cita menciptakan Ja-pan, roti nasional buat Jepang, setelah makan roti bikinan seorang paman. Kazuma yang diterima kerja di Pantasia, harus menghadapi persaingan dengan toko roti St. Pierre, melalui kontes demi kontes membuat ROTI.
Menurut gua, meskipun cara bikin rotinya ga gokil, reaksi juri yang makan rotinya itulah yang kelewat gokil. Dan biasanya itu reaksinya ga jauh-jauh dari permainan kata nama rotinya, yang menurut gua, kadang lucu.. kadang jayus.. Untuk resepnya sendiri, kayaknya terlalu susah buat dipraktekin, tapi Yakitate!! Ja-pan banyak nyediain informasi tentang jenis-jenis roti, ragi, macam-macam teknik bikin roti, dan lain sebagainya yang masih berhubungan sama roti.

#10. Iron Wok Jan

Author  & Artist : Saijyo Shinji
Genre : Shounen, Action, Slice of Life
Published : 1995 - 2000 (27 Volumes)

Tema utama manga ini sebenernya tentang latihan masak (yang mana latihannya kayak latihan kung-fu).
Akiyama Jan adalah seorang ahli masakan China, yang baru akan bekerja di Gobancho, restoran Chinese Food terbaik di Tokyo. Saat tiba disana, Jan langsung pamerin keahlian masak dia sama para pekerja disana.
Story dari manganya pun berubah jadi turnamen masak ala Iron Chef (cuma lebih gokil lagi) dimana Jan ketawa ala penjahat setelah mengalahkan satu persatu lawan tandingnya.
Sequel dari Iron Wok Jan berjudul Iron Wok Jan! R: The Summit Operations.
Resep yang ada dimanga ini lebih ke expert-level dan sering pake bahan makanan yang langka, mahal, & 'ga biasa' (kayak beruang, burung onta, kerang raksasa, dll). Penyajian resepnya pun cuma menggunakan teks, ga seperti manga-manga dengan resep yang sebelumnya, dimana penyajian resep pake gambar & teks.


Sebenernya masih banyak judul-judul manga yang temanya gourmet (makanan) atau yang berlatar belakang bisnis restoran. Drops of God, Bartender, Not Love but Delicious Food (Make Me So Happy), The Antique Bakery, Ekiben Hitori Tabi, Mixed Vegetables, Project X Challenger : Cup Noddle, Kuitan, Hochounin Ajihei, Shota no Sushi, Shinya Shokudo, The Poor Man's Dining Table, Delicious!, Dining Bar Akira, Kinou Nani Tabeta?, Tsukiji Uogashi Sandaime, Yumeiro Patissiere, Gokudo Meshi,  dan yang saat ini lagi terkenal, Toriko.
Hanya saja judul-judul tersebut ga gua masukin karena yang mau gua bahas saat ini adalah manga dimana Kitchen is A Battlefield.
oke, sekian dulu...Aduh, Jadi laper......

No comments:

Post a Comment